SMK Darul Ulum Sidareja Menutup Kegiatan Latihan Dasar Disiplin Korps


Cilacap, Tabloid NPP - Peserta didik baru SMK Darul Ulum Sidareja tahun pelajaran 2024-2025 mengikuti LDDK (Latihan Dasar Disiplin Korps), sejumlah 120 siswa-siswi baru semangat mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari oleh pembina pelatih dari Koramil 11/Sidareja.

Menutup kegiatan peserta didik baru mengikuti pembekalan baris berbaris dan upacara penutupan menandai kegiatan LDDK berakhir, digelar di Lapang Desa Tinggarjaya, Sabtu 27 Juli 2024.

Disampaikan Kepala Sekolah SMK Darul Ulum Sidareja, LDDK adalah merupakan salah satu program sekolah sebagai wadah pembentukan dan penumbuhan karakter positif di kalangan siswa-siswi baru, seperti penumbuhan sikap disiplin, tanggung jawab, mandiri, gotong royong, agamis dan lain sebagainya.

Kegiatan LDDK diantaranya meliputi materi Latihan keterampilan baris berbaris (LKKB) juga bertujuan untuk menumbuhan rasa cinta terhadap kebudayaan dan tanah air, serta agar lebih mengenal  kearifan lokal khususnya.

Kegiatan LDDK ini sangat bermanfaat sekali sebagai upaya penumbuhan dan penanamanan sifat dan karakter positif bagi siswa-siswi baru utamanya, serta sekaligus pengenalan lingkungan sekolah kepada peserta didik dan ini dilaksanakan setiap tahun ajaran baru, juga untuk mengenalkan lingkungan sekolah dan membantu siswa-siswi beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Selain itu, LDDK juga bertujuan untuk memperkenalkan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekolah serta memberikan informasi tentang cara-cara menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan sekolah," kata Rizal Fauzi, S.Pd.

Kepala Sekolah juga mengucapkan terimakasih kepada Koramil 11/Sidareja yang selama beberapa beberapa tahun ini setiap tahun ajaran baru menjadi pembimbing pelatih setiap kegiatan LDDK

Terimakasih juga kepada guru-guru pembimbing yang sudah mendampingi selama kegiatan LDDK ini menjadi motivasi siswa-siswi agar lebih dekat lebih akrab satu almamater SMK Darul Ulum," tambahnya.

Sementara Danramil 11/Sidareja memberikan pemahaman materi serta praktek baris berbaris bersama anggotanya, tujuannya melatih kedisiplinan hingga Materi Wawasan Kebangsaan meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegas Kapten Inf Agus Wantoro.

terimakasih kepada jajaran dewan guru SMK Darul Ulum yang sudah membersamai kami, harapannya apa yang sudah kami ajarkan bisa menambah wawasan dan pemahaman bagi siswa-siswi.

Guna membangun dan mengembangkan salah satu  manfaat timbulnya rasa menjiwai semangat bangsa, dan memiliki rasa bela negara serta cinta tanah air," ujarnya.

Dengan dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga negara yang taat kepada agama, aturan dan lingkungannya serta menjunjung azas toleransi dan gotong royong, sehingga sebagai generasi muda penerus bangsa perlu memiliki semangat kebangsaan yang tinggi dan rasa bangsa yang utuh dalam bingkai Bhinneka Tunggal lka, harapannya, semua siswa-siswi akan patuh dan tidak melanggar aturan-aturan baik di sekolah maupun kenakalan lainnya," tegas Danramil.

Turut mendampingi Danramil dalam kegiatan sekaligus sebagai Pembimbing/Pelatih, Anggota Koramil 11/ Sidareja, Serma Gatot Surana, Sertu Aris Kurohman, Serda Jumoro, Serda Sumaryanto dan para Dewan Guru SMK Darul Ulum Sidareja. 


Tabloid NPP (Nuansa Pendidikan & Pedesaan)

Sugeng.S


Diberdayakan oleh Blogger.