Ditjen lrigasi dan Rawa Meninjau Proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Menganti (S.I Cihaur) Tahap ll Paket l


Cilacap, Tabloid NPP - Direktur Irigasi dan Rawa Ditjen SDA Kementerian PUPR Dr. Ismail Widadi meninjau langsung Proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Menganti (S.I Cihaur) Tahap ll Paket l di wilayah BBWS Citanduy di Desa Kunci Kecamatan Sidareja, Jumat 26 Juli 2024.

Dalam peninjauannya Ditjen didampingi Kepala BBWS Citanduy Dr.lr Elroy Kotari, ST., MT juga Kasubid Irigasi dan Rawa, tujuannya adalah bahwa Ditjen memastikan hasil proyek rehabilitasi jaringan irigasi bisa dimanfaatkan maksimal oleh petani khususnya dan masyarakat pada umumnya.

"Pihaknya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah dalam hal ini Kementrian PUPR terlebih BBWS Citanduy, dengan selesainya rehabilitasi jaringan irigasi dengan menelan anggaran 300 milyard telah menyelesaikan 21 ribu hektar dari 26 ribu hektar yang ada ini jauh dari angka penghitungan," ujar Isamil Widadi.

Menurutnya, ini biaya yang sangat murah dari anggaran yang semestinya 800 milyard, tapi alokasi 300 milyard bisa diselesaikan hampir 100% dan selesai dalam waktu sebelum kontrak yang dimulai pada tahun 2021.

Dan peninjauan kegiatan hari ini kita sama-sama mensyukuri atas rehabilitasi jaringan irigasi, air yang tadinya tidak sampai ke sawah petani kini bisa dinikmati dan para petani khusunya untuk bisa menjaga manfaatnya dan kesadaran semua pihak tentunya.

Ditjen juga menjelaskan bawa ini adalah aset milik BBWS Citanduy secara administrasi  tetapi dalam kebutuhan sehari- hari ini adalah milik kita dan menjaga penggunaannya dari semestinya," tuturnya.

Di lain pihak P3A di wilayah irigasi menganti yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengucapkan apresiasi yang mendalam, dengan rehabilitasi jaringan irigasi yang sekarang ini akan menambah kualitas hasil panen juga hasil bumi karena dengan saluran air yang memadai juga sarana Sistem Digitalisasi lebih teratur sehingga Irigasi tersier untuk lahan pertanian khusunya lebih optimal," papar  Radiman mewakili P3A wilayah Gandrungmangu.


Tabloid NPP (Nuansa Pendidikan & Pedesaan) 

Sugeng.S

Diberdayakan oleh Blogger.