Tutup TMMD Sengkuyung, Dandim Bersama-Sama Mendukung Percepatan Pembangunan lnfrastruktur


Cilacap,Tabloid NPP - Program TMMD Sengkuyung Tahap ll Kodim 0703/Cilacap di Desa Bulusari Kecamatan Gandrungmangu resmi ditutup.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Dandim Cilacap Letkol lnf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P sekaligus menutup program TMMD, Pembina  Upacara Kapten CBA. M. Isa Saefudin (Pgs. Pasipers Kodim 0703/Clp), Komandan Upacara  Kapten Inf Agus Wantoro yang kesehariannya selaku (Danramil 11/Sidareja, bertempat dilapangan Desa setempat, Jumat 7 Juni 2024.

Dengan tema "Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah".

Sebagai tanda berakhirnya program TMMD ini, diserahterimakan alat-alat kerja dari Satgas TMMD Sengkuyung II kepada Inspektur upacara, serta pemukulan kentongan yang dilakukan Inspektur Upacara didampingi jajaran Forkopimda Kabupaten Cilacap, Kepala Dinas Instansi/BUMN/BUMD, dan Forkopincam Gandrungmangu.

Upacara penutupan TMMD dihadiri Sejumlah Pejabat Pemda Cilacap  Awaluddin Muuri, AP.,MM Pj. Bupati Cilacap, Kolonel Laut (P) Robby Edevaldo, S.A.P., M.Tr. Opsla Danlanal Cilacap, Kompol Budi Haryono, S.H Kabaglog Polresta Cilacap, Romelan, S. Sy Anggota DPRD Cilacap, Agus Feri Laksana, S.H Jaksa Fungsional Kejari Cilacap, Drs. Sakdullah,S.H.,M.H. Hakim PA Cilacap, Dian Pusparini GM. Support KPI RU IV Cilacap, Bintang Dwi Cahyono, AP. MM. Kadispermades, Taryo, S. Sos Kepala Bakesbangpol, Imam (HSE) S2P Cilacap, Junaidi Region 2 security SBI, Toto Yuli Santoso Ketua FKPPI Cilacap Bambang BGS Cilacap, Para Pasi dilingkungan Kodim Cilacap, Para Danramil Jajaran Kodim Cilacap, Persit KCK  Kodim 0703/Cilacap, Jala Senastri Lanal Cilacap, Bayangkari Polresta Cilacap, PKK Kab. Cilacap, Forkopincam Kecamatan Gandrungmangu, Ka. Dinas/instansi se-Kec. Gandrungmangu, Siswa-Siswi Sekolah, Pramukaa Kades se-Kec. Gandrungmangu dan tamu undangan lainnya.

Selama sebulan Satgas TMMD Sengkuyung di Desa Bulusari dibantu warga masyarakat, stakeholder terkait dan berhasil menyelesaikan sasaran fisik berupa jalan rabat beton sepanjang 872 meter dengan lebar 2,5 meter, pembangunan talud sepanjang 334 meter, serta pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 3 unit yang didukung oleh CSR BAZNAS.

Selain itu, TMMD Sengkuyung Tahap II juga mengagendakan serangkaian kegiatan nonfisik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, kegiatan-kegiatan tersebut meliputi layanan kesehatan, penyuluhan di berbagai bidang, pelatihan keterampilan, serta pelayanan administrasi kependudukan, program-program ini diharapkan tidak hanya memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi masyarakat, tetapi juga keterampilan yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Panglima Kodam IV Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi dalam sambutan yang dibacakan oleh Letkol Inf. Andi Yuliazi, Dandim 0703/Cilacap, menyatakan bahwa kerjasama antara TNI, pemerintah daerah, Polri, dan masyarakat adalah kunci dalam mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum.

"Program TMMD ini tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, tetapi juga pada peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai sosialisasi dan penyuluhan," jelasnya.

Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Yuliazi juga menjelaskan, bahwa program TMMD Sengkuyung Tahap II ini merupakan contoh nyata dari sinergi yang kuat antara TNI dan komponen masyarakat, yang bersama-sama berkontribusi dalam pembangunan nasional, khususnya di daerah pedesaan dan terpencil.

"Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan tiga kali, tahun ini kita menyelenggarakan empat kali, Mudah mudahan membawa manfaat yang lebih besar untuk masyarakat," kata Dandim.

Sementara itu PJ. Bupati Cilacap Awaluddin Muuri mengapresiasi sinergitas antara TNI pemerintah daerah dan segenap masyarakat yang telah berhasil menyelesaikan TMMD Sengkuyung secara optimal dan tepat waktu, agar masyarakat dapat menjaga hasil-hasilnya, dan dapat memberikan manfaat dalam jangka waktu yang lama.

Infrastruktur yang telah dibangun oleh Satgas TMMD ini sangat bisa menaikkan potensi yang ada, dapat mempercepat transportasi saat panen para petani, didukung oleh infrastruktur yang lebih baik, tentunya program TMMD ini akan terus dilanjutkan.

Sesuai dengan tema "Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah", yang mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan Masyarakat secara bersama-sama mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian.

TMMD Sengkuyung sebagai wujud tekad TNI dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara merata dan menyeluruh," tutup Awaluddin Muuri.

Setelah Upacara Penutupan kegiatan dilanjutkan dengan meninjau stan-stan warung produk UMKM Desa setempat.

Selanjutnya Dandim beserta rombongan meninjau sasaran fisik  dan pemotongan pita dilokasi sasaran tanda diresmikannya jalan rabat beton.

Sugeng.S

Diberdayakan oleh Blogger.