Pembekalan Satlinmas Dalam Rangka Persiapan Pemilu 2024 Desa Mekarsari

 


Cilacap, Tabloid NPP - Satuan Perlindungan Masyarakat atau Satlinmas memiliki peran penting dalam menyukseskan Pemilu, sebagaimana tugasnya dalam penyelenggaraan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, perlu dibekali mental serta pemahaman ilmu dalam melaksanaan tugas dilapangan.

Kaitan hal tersebut, menjelang persiapan Pemilu yang akan digelar pada 14 Pebruari 2024, Pemerintah Desa Mekarsari Kecamatan Cipari menggelar "Pembekalan Linmas Dalam Rangka Persiapan Pemilu", bertempat di Pendopo Balai Desa setempat, Kamis 1 Pebruari 2024.

Hadir dalam giat tersebut, Danramil 11/Sidareja Kapten Inf Agus Wantoro, Kades Mekarsari Entin Wantinah beserta Perangkat, Kasi Trantibum Kecamatan Cipari Sugiantoso, S.Sos, Ketua PPS Desa Mekarsari Obang.S, Babinsa Desa Mekarsari Serma Sutarno, Kanit Binmas Polsek Cipari Aiptu Teguh Subagyo.

Pembuka sambutan disampaikan Kepala Desa Mekarsari dalam  penyampaiannya, terimakasih kepada Linmas yang sudah berkenan hadir dalam kegiatan ini serta kepada Forkopincam selaku narasumber.

Bahwasnaya, Pemilu tinggal menghitung hari, maka peran Linmas sangatlah penting dalam tugas dan tanggungjawab yang berat, bersama- sama mensukseskan Pemilu dengan aman, nyaman dan kondusif, dengan pembekalan ini Linmas akan semakin memahami peran sertanya dalam menghadapi situasi apapun dalam pelaksanaan nantinya," kata Entin Wantinah.

"Sementara dalam kesempatannya Kasi Trantibum menjelaskan, bahwa kita punya kewajiban  melaksanakan pengamanan jalannya pesta demokrasi bersama unsur petugas lainnya, di Desa Mekarsari ada 14 TPS, dan setiap TPS masing-masing masing ada dua Linmas yang bertugas, maka  netralitas perlu dijaga, dan pembekalan ini adalah upaya untuk meningkatkan kualitas pengamanan dan pelayanan kepada warga, ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pengamanan yang semakin penting, mengingat Pemilihan Umum (Pemilu) tinggal beberapa hari lagi dan Linmas sebagai Garda terdepan di TPS," tegas Obang.


Danramil 11/Sidareja dalam paparannya menegaskan, bahwa semua warga yang mempunyai hak pilihnya perlu dijaga kenyamanan dan keamanannya, dan bukan hanya itu, Linmas saat bertugas di TPS juga menjaga semua aset Pemilu dari mulai kotak suara beserta kelengkapannya.

Menurutnya, bahwa Linmas adalah organisasi resmi dibawah Pemerintah Desa dan payung hukum dari Mentri Dalam Negri, maka jangan ragu-ragu dalam menjalankan tugasnya.

Yang tak kalah penting, jaga kesehatan, mental dan persiapkan fisik yang prima sehingga dalam tugasnya di TPS Linmas betul- betul siap.

“Pelatihan Linmas ini adalah langkah proaktif, dan memastikan bahwa Linmas di Desa Mekarsari siap untuk menghadapi tugas penting termasuk pengamanan Pemilu 2024, kegiatan ini merupakan komitmen bersama dalam tanggungjawab berat yang perlu kita amankan bersama," tegas Kapten Inf Agus Wantoro.

#(Sugeng.S)

  

Diberdayakan oleh Blogger.