Polsek Telukjambe Timur dan GI Tegal Herang Lakukan Simulasi Tanggap Darurat Banjir


Karawang, Jabar - Musim penghujan yang melanda daerah di Indonesia, mengakibatkan banjir yang tak tertahan, begitu pun di Kabupaten Karawang, khususnya di Dusun Tegal Luhur Desa Sukamakmur, Telukjambe Timur, Karawang.

Meskipun intensitas hujan belum tampak tinggi, tetapi langkah-langkah antisipasi sudah dilakukan oleh Polsek Telukjambe Timur bersama GI (Garda Induk) Tegal Herang, dengan menggelar Simulasi Tanggap Darurat Penanggulangan Banjir.

"Hal itu dilakukan untuk meminimalisir resiko bencana banjir yang kapan saja bisa terjadi," ungkap Kompol Suherman, Kapolsek Telukjambe Timur mewakili Kapolres Karawang Polda Jabar AKBP Wirdhanto Hadicaksono, Selasa (16/1/2024).

Pasalnya, simulasi tanggap darurat ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera pada saat bencana banjir terjadi. Dimana hal tersebut untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan.

"Simulasi ini meliputi penyelamatan dan evakuasi korban, harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan, pengurusan pengungsi serta penyelamatan masyarakat," ungkap Kompol Suherman.

Tak hanya itu, Bhabinkamtibmas Aipda Fuad bersama Manager ULTG Cikarang Dewi, Manager ULTG Bekasi Ayat dan Tim K3 UPT Bekasi, sekaligus melakukan pemeriksaan terhadap kondisi peralatan tanggap darurat.

"Diantaranya, kesiapan mesin, bahan bakar dan alat penggerak," tutur Kompol Suherman.

Kapolsek mengingatkan, potensi terjadinya suatu bencana selalu ada sepanjang waktu, maka diperlukan pengelolaan secara terpadu dan menyeluruh.

"Hal tersebut dirasa penting untuk semua pihak", kata Kapolsek.

Karena itu, Suherman menyebutkan, perlu kesiapsiagaan para anggota Satgas penanggulangan bencana untuk berkordinasi dengan Muspika dan Pemkab Karawang dalam menyiapkan langkah-langkah antisipasi.

"Demi menghindari kerugian yang ditimbulkan akibat bencana banjir," pungkas Kompol Suherman.

Kapolres Karawang_AKBP Wirdhanto Hadicaksono
Diberdayakan oleh Blogger.