Pelatihan Injection Molding dan Peningkatan SDM Bersinar Resmi Ditutup Granat dan UBP Karawang


Karawang, Jabar - Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Kabupaten Karawang melaksanakan penutupan pelatihan injection molding serta peningkatan SDM yang sehat dan bersih dari narkoba (Bersinar) gelombang kedua.

Pasalnya, pelatihan gelombang kedua ini ditutup dengan Penandatanganan MOU antara pihak Granat yaitu, M. Sowman Barkah & UBP Karawang yang diwakilkan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan & Alumni UBP, Dr. H. Uus MD Fadli., Ir., SE., MM.

Dan juga, kegiatan ini sekaligus menjadi Pembukaan Pelatihan, Penyerahan Sertifikat Narasumber dan Piagam Penghargaan untuk Perusahaan yang mendukung, Kamis (25/1/2024).

"Sebanyak tujuh narasumber dari perusahaan dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memberikan 6 materi pokok kepada para peserta, diantaranya terkait psikotes dan interview serta materi lainnya," ulas Sowman Barkah.

Adapun pengisi materi diantaranya:
- Overview of Injection Molding oleh Bapak Norman Adam,. ST.
- Tahapan dalam perekrutan karyawan oleh Ibu RR. Melani Asenningrum.
- Psikotes & Interview oleh Bapak A Zirjis Azra'ih., SE.
- Dasar K3 oleh Bapak Ali Masyudi., ST.
- Implementasi K3 oleh Ibu Putri.
- UMKM oleh Bapak Erwin S Lubis., SE., CI.
- Bahaya Narkoba & penyalahgunaan nya di kalangan remaja dan karyawan oleh M. Sowman Barkah.

Menurut Ketua DPC Granat Kabupaten Karawang, M. Sowman Barkah, selain untuk menambah pengetahuan tentang Injection Molding, para peserta juga dibekali dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), juga wawasan tentang entrepreneur.

"Peserta bisa memilih bekerja di industri atau berwiraswasta, yang pasti mereka harus bersih dari narkoba," kata Sowman.

Seperti yang diketahui, sebanyak 200 peserta yang mengikuti pelatihan ini, yaitu mereka yang pernah mengikuti penyuluhan narkoba yang dilakukan secara road show oleh DPC Granat di beberapa daerah se-Kabupaten, termasuk peserta susulan yang tidak terakomodir di gelombang pertama.

"Dari 50 peserta, sebanyak 33 lulusan pelatihan injection molding gelombang pertama, saat ini sedang melaksanakan tahapan masuk kerja di sejumlah industri," ungkap Sowman.

"Pelatihan selama dua hari ini melibatkan pengurus DPC Granat yaitu, Wisnu Broto, Nunung Maryani, Sayudi dan Doni Praditya," sambungnya.

Pelatihan ini, Sowman menyebutkan, upaya menindaklanjuti penyuluhan bahaya penyalahgunaan Narkoba di lingkungan masyarakat yang dilaksanakan oleh DPC Granat Kabupaten Karawang.

"Kedepannya, setelah mengikuti pelatihan ini dan mendapatkan sertifikat, mampu menjadi bahan pertimbangan bagi para perusahaan yang dituju," ucapnya melanjutkan.

"Terima kasih kepada pihak UBP yang telah bekerjasama dengan Granat dalam mensupport serta memfasilitasi pelatihan ini," jelasnya.

Kedepannya, kami berharap akan lebih banyak lagi perusahaan yang mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Granat, sebagai langkah implementasi Perda Narkoba dan Perbup narkoba di Kabupaten Karawang.

"Hal itu cukup beralasan, dimana peran serta seluruh lapisan elemen masyarakat dan/atau organisasi masyarakat serta perusahaan swasta sangat dibutuhkan," pungkas Sowman Barkah.
Diberdayakan oleh Blogger.