Kapolsek Telukjambe Barat Tinjau Lokasi Banjir di Dusun Kampek


Karawang, Jabar - Kapolsek Telukjambe Barat Polres Karawang Iptu Anshori bersama anggota update lokasi bencana banjir di Dusun Kampek RT 05/02 Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Senin (15/1/2024).

Tercatat, total terdampak sebagai berikut:
- Rumah 58.
- Jiwa 216.
- KK 80.
- Balita 10.
- Bayi -.
- Sejumlah Fasum 1.
- Korban Jiwa -.

Kapolres Karawang Polda Jabar AKBP Wirdhanto Hadicaksono melalui Kapolsek Telukjambe Barat Iptu Muhammad Rizky Anshori Nursyamsu menjelaskan, banjir di akibatkan intensitas curah hujan yang tinggi. Sehingga merendam perkampungan, karena tidak maksimalnya saluran air di lokasi Dusun Kampek.

"Ketinggian air rata-rata  mencapai 05 - 50 cm, dan saat ini  mengalami penurunan," ungkap Iptu Anshori.

Menurut Kapolsek, sebagian warga di Dusun Kampek, yang rumahnya terdampak bencana banjir mengungsi ke sanak saudaranya atau ke tetangga yang tidak terdampak bencana banjir. Dan sebagian lainnya memilih bertahan di lokasi pengungsian.

Seperti yang diketahui, akibat intensitas hujan yang tinggi, air dari Sungai Cibeet dan Sungai Citarum meluap, sehingga merendam pemukiman warga.

"Posko bencana banjir saat ini berada di Kantor Desa Karangligar. Dan juga disediakan Dapur Umum untuk warga yang terdampak banjir," ulas Iptu Anshori.

"Kemudian, posko kesehatan dari tim medis Puskesmas Wanakerta berada di samping Kantor Desa Karangligar," sambungnya.

Adapun upaya yang dilakukan Kepolisian bersama Pemdes Karangligar dan Stakeholder terkait adalah dengan menyiapkan 1 Pleton Sat Samapta Polres Karawang, dan 10 personek BKO Brimob Polda Jabar, untuk mengevakuasi warga apabila bencana banjir semakin meluas.

Selanjutnya, telah disiapkan 1 unit perahu karet dari Sat Samapta Polres Karawang, 1 unit dari Brimob Polda Jabar dan 4 unit dari BPBD Karawang.

Kapolsek menandaskan, sekaligus telah terpasang 1 buah tenda Sat Samapta Polres Karawang dengan 1 unit Genset, yang berada di Halaman Kantor Desa Karangligar.

Kapolres Karawang_AKBP Wirdhanto Hadicaksono
Diberdayakan oleh Blogger.