Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Gelar Perluasan Safari "Gemarikan" di Desa Karanggedang dan Penyarang

 


Cilacap, Tabloid NPP - Dalam rangka percepatan penurunan Stunting dan gizi buruk, anggota Komisi IV DPR RI, Hj. Teti Rohatiningsih S.Sos, menggelar  Perluasan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Desa Karanggedang dan Desa Penyarang Kecamatan Sidareja, sekaligus meninjau langsung perkembangan program Stunting, Sabtu 8 Maret 2023.

Pada pelaksanaanya, kegiatan di Desa Karanggedang di mulai pada Pukul 09.00 Wib dan di Desa Penyarang pada Pukul 13.00 WIB.

Gemarikan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan bersama mitra Komisi IV DPR RI, bertujuan untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan dan mendukung penanganan stunting dan gizi buruk bagi masyarakat.

Kepala Desa Karanggedang dalam sambutannya, menyampaikan selamat datang dan ucapan terimakasih dan apresiasi atas kepercayaannya Desa Karanggedang bisa diberi kesempatan dalam penyelenggaraan kegiatan dimaksud.

Harapannya, apa yang nanti disampaikan oleh Anggota DPR RI dan narasumber lainnya akan memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Karanggedang," Kata Saryo.

"Lanjutnya, bahwa terdapat 45 Stunting di Kecamatan Sidareja sedangkan di desa Karanggedang itu sendiri terdapat 7 anak dan Alhamdulillah ada perkembangan baik pada anak atas program PMT.


Hal yang sama juga disampaikan Kepala Desa Penyarang, pada perluasan safari Gemarikan di desanya, saya juga berharap semoga ini dapat membantu masyarakat untuk memahami akan pentingnya makan ikan, dan program terkait salah satu upaya dalam mencerdaskan dan meningkatkan Indeks pembangunan manusia di Kabupaten Cilacap khususnya di Desa Penyarang yang masuk desa miskin dan ada 4 stunting,"  kata Rasimin.

Sementara hadir dari Kementrian KKP RI, Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Jateng serta Dinas Perikanan Kabupaten dalam kegiatan di dua desa tersebut, pada inti dalam penyampaiannya, pihaknya mengajak masyarakat gemar makan ikan dan produk makanan olahan berbahan ikan yang penuh gizi kompleks, dengan protein dan sangat bergizi, hal tersebut sangat penting guna mencegah stunting.

Bersama kita kampanyekan agar masyarakat gemar makan ikan, makan ikan itu sehat dan dapat mencegah kasus stunting," ujar Teti Rohatiningsih dalam ajakannya.

Pihaknya, menambahkan persoalan stunting tak bisa hanya diserahkan kepada pemerintah karena kompleksnya masalah ini, melawan stunting utamanya membutuhkan kesadaran kita semua tentang asupan bergizi bagi anak-anak.

"Ikan dan makanan olahan berbahan ikan itu penuh gizi kompleks, dengan protein tinggi dan sangat bergizi, ikan juga memiliki kandungan protein yang tidak kalah hebatnya dengan daging ayam maupun sapi, ikan juga kaya asam lemak Omega-3 yang dapat memicu pertumbuhan dan perkembangan otak dan nutrisi bagian pelengkap pola asuh anak yang benar, sehingga angka stunting di Kabupaten Cilacap Zero," Tutup Teti Rohatiningsih.

Penyerahan bantuan secara simbolis paket olahan ikan kepada masyarakat penerima manfaat sebagai salah satu upaya pencegahan stunting bagi anak dan bagi tamu undangan yang hadir oleh  Hj. Teti Rohatiningsih.

Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Komisi IV bidang Pertanian Kehutanan, Kelautan dan Perikanan di dua Desa Karanggedang dan Penyarang.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kementrian KKP diwakili, Emi Hanifah Koordinator kelompok produksi direktorat pemasaran, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jateng diwakili Sub Koordinator pengelola produksi perikanan tangkap Saiful Purnamaji, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap diwakili Kabid Usaha Perikanan Agus Sunaryanto, Pemerhati Gizi Tietha Ernawati Suwarto Pamuji, Kepala Desa beserta, Kasi, Kaur dan Kadus, Fasilitator Desa, lbu Hamil, Lansia, Kader Posyandu, TP PKK, Tokoh Masyarakat Desa Karanggedang dan Desa Penyarang. #(Sugeng .S)





Diberdayakan oleh Blogger.