Perkuat Ketahanan Pangan Pemdes Karangreja Menggelar Penyuluhan Program Kerja Kampung Berkualitas Asri



Cilacap, Tabloid NPP

Dalam upaya membentuk Program Kerja Kampung Berkualitas Asri di tingkat Desa, Pemerintah Desa Karangreja Kecamatan Cipari melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Penyuluhan Tentang Program Kerja Kampung Berkualitas Asri, dengan menghadirkan tim dari Indofood, bertempat di Pendopo Balai Desa Setempat, Kamis, 27 Januari 2022.


Dalam penyampaiannya Kepala Desa menjelaskan, Ketahanan pangan adalah program pemerintah yang harus dilaksanakan, maka dalam kesempatan ini, kita manfaatkan yang sebaik baiknya untuk menyimak pemaparan tim penyuluh dari lndofood agar manfaat yang didapat peserta bisa mengoptimalkan dari hasil yang di dapat.


Kegiatan ini sangat bagus karena membantu peran pemerintah dalam program ketahanan pangan, tidak hanya bicara sosial tetapi juga sangat bisa menjadi unit bisnis yang menguntungkan.


Kepala Desa juga memberikan gambaran, alokasi dari ADD senilai 20% yang fungsinya diperuntukan ketahanan pangan bisa dimanfaatkan dalam bentuk hibah dengan konsekwensi petani bisa mengelolanya, dan memprioritaskan lahan lahan kosong yang ada seluas 2 hektar sesuai yang di harapkan dari pihak lndofood.


Sehingga pemanfaatan dalam ketahanan pangan yang ada betul betul menjadi program yang bisa menunjang kehidupan masyarakat akan lebih sejahtera dengan payung hukum yang kuat," tegas Kades.


Sementara dari penyuluh tim Indofood menyampaikan, kehadirannya guna membangun kemitraan dalam hal ketahanan pangan untuk kesejahteraan masyarakat, dan hasil pencapaian kegiatan di wilayah atas kerjasama yang di sepakati nantinya juga akan bermanfaat untuk menopang penghasilan tambahan untuk masyarakat petani.


Pihaknya menjelaskan, kemitraan yang ia tekankan adalah terkait dengan penanaman cabe, masyarakat hanya menyiapkan lahan kosong untuk pemberdayaan penanaman cabe, dan pihak lndofood akan membeli hasil panen petani cabe rawit dengan standard harga yang disepakati atau dengan keseimbangan harga.


Dalam sesi tanya jawab, salah satu warga Heri menanyakan, saat petani dalam berbudidaya penanaman cabe apakah dari pihak lndofood mengawal dan pendampingan dari awal penanaman hingga panen, dari pihak lndofood akan selalu mengawal dan terus memberikan tekhnik dan cara terkait perawatan, hingga tanaman cabe akan berbuah baik dan bagus hingga masa panen, agar tidak terkena hama tanaman.


Kegiatan turut dihadiri,

Kepala Desa Karangreja Wasono, Kader Tim Penggerak PKK, Anggota Kampung Sehat, Kelompok Tani, Ngali dari Dinas KB, PP dan Pa Kecamatan Cipari, Babinsa Koramil 11/ Sidareja Koptu Sutriyono dan Serka Djoyo Sugiarto, serta dari Mitra Indofood Wikantimur Ayus Sani Aji, Dony dan Nanang pendamping penyuluh. **

Diberdayakan oleh Blogger.