Melestarikan Budaya Lokal, Korwil Bidik Kecamatan Gandrungmangu Menggelar Pagelaran Wayang Masuk Sekolah



Cilacap, Tabloid NPP

Bertajuk “Peningkatan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Wayang Masuk Sekolah", Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Gandrungmangu menggelar pagelaran wayang masuk sekolah, bertempat di Aula Gedung Korwil Bidik Kecamatan Gandrungmangu dari tanggal 24 hingga 29 Januari 2022.


Seni Pagelaran Wayang Kulit, diikuti oleh Siswa-Siswi perwakilan tingkat Sekolah Dasar (SD) di Wilayah Pendidikan Kecamatan Gandrungmangu dan perwakilan guru pendamping, tiap SD mewakilkan 5 siswa siswi dan 3 guru pendamping, dengan jadwal bergantian di setiap pertunjukan.


Kepala Korwil Bidik Kecamatan Gandrungmangu Sugiman, S.Pd., M.B.A menyampaikan, ucapan terimakasih kepada semua unsur yang terlibat dalam kegiatan di maksud, berkat kerjasama yang baik sehingga program yang tertunda karena Pandemi Covid-19, bisa terealisasi," jelasnya.


Dalam keteranganya Kepala Korwil Bidik, kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk mengenalkan wayang kepada peserta didik usia dini, juga telah ikut berperan menjaga kebudayaan lokal, di samping juga media wayang kulit juga dianggap menarik dan akan menggugah siswa untuk menikmati jalan ceritanya serta mengenali tokoh-tokoh positifnya, guna menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan Wayang juga merupakan kekayaan budaya yang saat ini untuk terus dilestarikan," paparnya.


Di hari terakhir pertunjukan wayang dengan mengambil Lakon : Semar Mbangun Khayangan oleh Ki Dalang : K.H. Achmad Muhaimin, S.Pd.i Ketua PEPADI Gandrungmangu Kabupaten Cilacap.


Lakon tersebut bisa diartikan bahwa Semar adalah tokoh wayang yang memiliki karakter fisik lucu, bahkan cukup aneh, dan dalam cerita pewayangan, tokoh Semar ini mendapatkan posisi terhormat dalam karakternya, Ia adalah seorang penasihat sekaligus pengasuh para ksatria, karakter Semar ini juga merupakan tokoh dengan karakter yang sederhana, jujur, tulus, berpengetahuan, cerdas, cerdik, juga memiliki mata batin yang begitu tajam.


Turut dalam pelaksanaan di bantu Ketua Pelaksana Kegiatan Sutopo, S.Pd, Sekretaris Ruth Widyastuti, S.Pd.SD, Bendahara Rustin Fitria Ningrum, S.Pd.SD serta peran elemen guru di wilayah Korwil Bidik Kecamatan Gandrungmangu. **



Diberdayakan oleh Blogger.