Pemalangan Jalan, Babinsa Koramil 1802-06/Klamono Turun Tangan Melalui Mediasi

 



Sorong, Papua Barat- Tabloid Npp.Babinsa Koramil 1802-06/Klamono. Melalui komunikasi sosial Serda Dedy Mulyadi Babinsa Kampung Tanah Tinggi melaksanakan koordinasi secara kekeluargaan dengan menjunjung tinggi kearifan lokal setempat, terkait Pemalangan Kantor Distrik Malabotom oleh Pak Jefry Fadan, pembahasan secara kekeluargaan untuk pembukaan palang di Kantor Distrik Malabotom mencapai kesepakatan dan berjalan dengan aman dan lancer.Selasa(23/11/2021).


Pada permasalahan ini, Babinsa berkoordinasi terkait pemalangan atau penutupan jalan yang dilakukan oleh warga yang dilakukan atas dasar kepemilikan tanah.


Turun hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sorong Pak Elon, Kepala Distrik Malabotom Pak Manase Erygit S.IP, Kepala Kampung Klamugun Pak Jefry Fadan, Kepala Kampung Majalapa Penias Fadan, Kepala Kampung Klagulu Pak Fajar, Kepala Kampung Tanah Tinggi Pak Sunar dan masyarakat setempat.


“Hal ini merupakan usaha cegah dini untuk mengatasi segala permasalahan di masyarakat, sehingga tidak terjadi masalah yang semakin besar sehingga tidak mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban di masyarakat.


Pada setiap permasalahan yang terjadi di kalangan masyarakat ataupun permasalahan antar kampung, tidaklah harus diselesaikan dengan cara hukum, tetapi dapat dilakukan dengan cara bermusyawarah dan berdamai secara kekeluargaan.


Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1802-06/Klamono Kodim 1802/Sorong. Serda Dedy Mulyadi, yang membantu mediasi permasalahan pemalangan jalan di Kantor Distrik Malabotom.


“Kita ini punya budaya yang sangat kuat, maka dengan itu kita harus menggunakan cara adat, kekeluargaan dan kebiasaan setempat yang biasa dilakukan, upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam menangani masalah ini, bisa diselesaikan dengan cara mencari solusi serta jalan tengahnya”. Jelasnya.


(TK/le)

Diberdayakan oleh Blogger.