Kapolres Karawang Dukung Akselerasi Vaksinasi Nasional, guna Tercapai Herd Immunity saat Libur Nataru


Tabloid NPP, Karawang - Program 'Vaksinasi Serentak Indonesia' dalam rangka akselerasi vaksinasi nasional diselenggarakan oleh Polres Karawang yang didukung oleh Muspida Kabupaten Karawang. Kegiatan 'Vaksinasi Serentak Indonesia' ini dilaksanakan di Gor Adiarsa Sport Hall, Jl. Dr. Taruno Adiarsa Barat, Kecamatan Karawang Barat, Sabtu (27/11).

Program 'Vaksinasi Serentak Indonesia' tersebut dibagi menjadi 2 zona yaitu:
- Zona 1 dilaksanakan di Gor Adiarsa Sport Hall dengan mendatangkan warga masyarakat di delapan wilayah hukum Polsek masing-masing seperti Polsek Karawang Kota, Polsek Cikampek, Polsek Jatisari, Polsek Kotabaru, Polsek Ciampel, Polsek Klari, Polsek Purwasari dan Polsek Pangkalan.
- Zona 2 dilaksanakan di tiap-tiap puskesmas sebanyak 50 puskesmas, yang dimonitoring oleh anggota Polsek sesuai wilayah hukumnya masing-masing.

Berdasarkan data yang dihimpun:
- Vaksinasi Serentak Indonesia yang dilaksanakan di Gor Adiarsa Sport Hall tercatat ada 2151 peserta untuk dosis ke-1 dan ke-2 dengan melibatkan tenaga kesehatan dari Urdokkes Polres Karawang bersama Dinkes Karawang.
- Vaksinasi Serentak Indonesia yang dilaksanakan di 50 puskesmas untuk dosis ke-1 dan ke-2 sebanyak 9958. Total keseluruhan sebanyak 12.109 peserta.

Terdapat beberapa jenis vaksin yang digunakan oleh para vaksinator beragam seperti Sinovac, AstraZeneca dan Pfizer. Ini diperlukan mengingat penggunaan jenis vaksin untuk dosis ke-2 ditentukan berdasarkan jenis vaksin pada saat vaksinasi dosis-1, jadi bisa dibilang jenis vaksin dosis ke-2 disesuaikan menurut jenis vaksinasi ke-1.

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono mengatakan bahwa program 'Vaksinasi Serentak Indonesia' dibagi kedalam empat tahapan atau sesi, jelas kapolres.

"Masing-masing tahapan waktunya dua jam untuk pelaksanaan pemberian vaksin, hal ini dilakukan agar pelaksanaannya tetap memperhatikan prokes dengan menghindari kerumunan pada saat pelaksanaan vaksinasi. Diharapkan kegiatan ini akan tercapai herd immunity/kekebalan komunal dilingkungan warga masyarakat," tutur AKBP Aldi Subartono.

Kapolres berharap semoga vaksinasi di Kabupaten Karawang dapat mencapai target 80-100%, mengingat capaian sebelum diadakannya program 'Vaksinasi Serentak Imdonesia' saat sekarang ini sekitar 67%, ungkap beliau.

Pewarta: alfan
Diberdayakan oleh Blogger.