PANGDAM XVIII/KASUARI RESMIKAN YONZIPUR 20/PPA

 

  

Sorong papua barat -tabloid npp.Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si. meresmikan Denzipur 13/PPA menjadi Batalyon Zeni Tempur 20/PPA Kodam XVIII/Kasuari dan pelantikan Mayor Czi Donny Pramudya Mahardi sebagai Danyonzipur 20/PPA bertempat di Mako Yonzipur 20/PPA Jln. Klalin 1 Kel. Klabinain, Distrik Aimas, Kab. Sorong, Prov. Papua Barat. 



Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Danrem 181/PVT Brigjen TNI Yulius Selvanus, Irdam XVIII/Ksr Brigjen TNI Steverly C Parengkuan, Kasrem 181/PVT Kolonel Inf I Wayan Sandi Susila, Asrendam XVIII/Ksr Kolonel Inf Pinsensius Manik, Asops Kasdam XVIII/Ksr Kolonel Inf Lucky Avianto, S.I.P, Aspers Kasdam XVIII/Ksr Kolonel Inf Nugroho Imam Santoso, S.E., M.M, Aslog Kasdam XVIII/Ksr Kolonel Inf Tri Haksoro, Aster Kasdam XVIII/Ksr Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan, Danpomdam XVIII /Ksr Kolonel Cpm Irsyad Hamdie Bey 9. Anwar, Kabekangdam XVIII/Ksr Kolonel Cba Agus Susanto, Kakumdam  XVIII/Ksr Kolonel Chk Mahatma Budhi, S.H., M.H,  Kazidam XVIII/Ksr Letkol Czi Syafril Hidayat, Kakesdam XVIII/Ksr Kolonel Ckm dr. Azhari Ramdani, Kahubdam XVIII/Ksr Letkol Chb Indatma Wisnu Pribadi, Kapaldam XVIII/Ksr Letkol Cpl Ardiyansyah Putra, Para Kasi Korem 181/PVT, Wakapendam XVIII/Ksr Letkol Inf N Ertoto, Para Komandan Satuan dan Kabalak Aju Jajaran Korem 181/PVT, Waka Kumdam XVIII/Ksr Letkol Chk Amir Weling, , Waasinteldam XVIII/Kasuari Letkol Inf Mangapul Hutajulu, Wakapolres Sorong AKP Emmy Fenityruma S. Sos., Wakil Bupati Sorong Suko Harjono S.Sos., M.Si.


Sejalan dengan rencana strategi penataan organisasi Kodam XVIII/Kasuari tahun 2020-2024 tentang pembangunan kekuatan, kemampuan, dan gelar Kodam XVIII/Kasuari maka pada tahun 2020 ini rencana akan dilaksanakan secara bertahap peresmian beberapa satuan baru, peningkatan status dan alih kodal guna melengkapi Orgas yang telah ada saat ini. Sehubungan dengan itu, maka pada hari ini Pangdam XVIII/Kasuari meresmikan pengembangan Denzipur 13/PPA menjadi Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 20/Pawbili Pelle Alang (PPA) Kodam XVIII/Kasuari, berdasarkan  peraturan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Kep/352/IV/2020 tanggal 23 April 2020 tentang persetujuan pembentukan satuan baru di jajaran Kodam XVIII/Kasuari, termasuk didalamnya adalah berdirinya Yonzipur 20/PPA sebagai bagian dari Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) yang langsung berada dibawah komando dan pengendalian (Kodal) Pangdam XVIII/Kasuari.


“Dengan peningkatkan status satuan menjadi Batalyon, maka saya berharap pembinaan satuan harus lebih baik, terarah,dan terukur melalui tata kelola manajerial dan kepemimpinan lapangan yang handal. Sejalan dengan meningkatnya kekuatan satuan menjadi Batalyon, maka kualitas kemampuan taktis dan teknis Satuan Zeni Tempur harus lebih baik dan lebih profesional, serta modern, sejalan dengan tantangan tugas yang dihadapi ke depan yang semakin besar,” ujar Mayjen Ali Hamdan Bogra.


"Untuk penambahan Kompi Yonzipur yang baru, sesuai dengan kondisi geografis wilayah Papua Barat yang medannya terpotong-potong dan terbatas jalur transportasi daratnya, maka saya harapkan para Asisten dan Kabalak terkait agar  menyiapkan lokasi pembangunan pangkalan tambahan yang dekat dari Makodam di sekitar wilayah Kabupaten Manokwari, sehingga ke depan gelar Yonzipur 20/PPA dapat lebih mudah digerakkan dalam mendukung tugas-tugas Kodam XVIII/Kasuari, laksanakan penataan dan perawatan pangkalan, pelihara dan tingkatkan soliditas antar satuan, antar instansi dan Polri, dengan melaksanakan kegiatan integratif. Pelihara dan tingkatkan kesehatan tubuh melalui kegiatan olah raga serta patuhi protokol kesehatan Covid-19 agar tetap sehat,” sambungnya.


Selanjutnya Pangdam memberikan piala, piagam, dan uang pembinaan kepada pemenang Juara I lomba kejuaraan BDM Perorangan tingkat Kodam XVIII/Kasuari, yang dimenangkan Serda Yosis Yopie Rumbewas (Yonif RK 762/VYS), yang sekaligus menjadi Juara Favorit 1 di tingkat Angkatan Darat (Kejuaraan BDM Tersebar Piala Kasad 2020). Piala, piagam dan uang pembinaan juga diberikan kepada Juara I BDM Beregu Tingkat Kodam XVIII/Kasuari, yang diraih oleh Tim BDM dari Yonif 764/IB.


Pada kesempatan ini, Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari Ny. Retno Ali Hamdan Bogra juga menggelar kegiatan Pengangkatan Ketua Persit KCK Cab XXI Yon Zipur 20 PD XIII/Kasuari, yang diberikan kepada Ny. Mita Donny Pramudya Mahardi. (Timo/leo)

Diberdayakan oleh Blogger.