Menjelang Natal dan Tahun Baru, BPOM Lakukan Kegiatan Rutin Tahunan


Palembang, Tabloid NPP - Menjelang Natal dan pergantian tahun baru, Badan Penelitian obat dan makanan ( BPOM) melakukan kegiatan rutin tahunan serentak di seluruh Indonesia.

Menurut Kepala BPOM kota Palembang Hardaningsih, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat mengenai kinerja dan kapasitas kesehatan Badan POM dalam melindungi masyarakat dari produk olahan yang membahayakan kesehatan dan merugikan ekonomi nasional.

Hardaningsih menuturkan kegiatan pengawasan sarana distribusi pangan juga dilakukan di wilayah Kota Palembang, OKU Timur, OKI, Muara Enim, dan OKU Selatan.
Jumlah sarama srmrnatara yang diperiksa sebanyak 32 sarana, MK 30 sarana ( 62, 50%), dan TMK sebanyak 12 sarana (37, 5%).

Sidak dilakukan di pusat perbelanjaan Hypermart yang berada di Palembang Indah Mall (PIM) dan dilanjutkan ke sebuah toko Parcel Aneka yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Palembang Senin (23/12/2019).

Menurut penjelasan kepala B POM kota Palembang ini, "untuk produk yang kadaluarsa dan tanpa ijin edar,  diserahkan pemiliknya kepada Balai Besar POM di Palembang untuk dimusnakan.Sedangkan untuk produk yang TMK label , dikembalikan kepada produsen atau distributornya oleh pihak sarana," jelasnya.

Untuk itu Hardaningsih berpesan kepada masyarakat "untuk lebih berhati - hati dalam memilih produk pangan yang akan di konsumsi, jangan membeli atau memilih produk yang tidak memiliki ijin edar, rusak , kadaluarsa," ujarnya.

"Masyarakat harus selalu ingat untuk Cek KLIK ( Cek Kemasan, Label, Ijin Edar dan Kadaluarsa) sebelum membeli atau memilih produk pangan," pungkasnya.(yanti.m)
Diberdayakan oleh Blogger.