SMAN 6 Palembang Menuju Sekolah Sehat Tingkat Nasional


Palembang, TABLOID NPP - Persiapan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Palembang menuju sekolah sehat tingkat Nasional telah mulai dilakukan sejak satu tahun ini, "semoga mencapai hasil yang memuaskan," tutur Hj.Maryati, S.Pd.M.M kepala SMAN 6 Palembang.

Ditemui usai pemaparan didepan dewan juri yang bertempat di aula SMAN 6  Kamis (8/08/3019), Maryati melanjutkan kriteria yang harus dilalui begitu banyak.

"Mulai dari pemenuhan standar toilet siswa, yaitu 40 berbanding 1 toilet buat siswa dan 25  berbanding 1 toilet buat siswi, lingkungan harus bersih tidak boleh ada lalat, nyamuk dan kecoa," terangnya.

Disamping itu hal yang tidak kalah pentingnya sekolah harus ada tempat cuci tangan dan wajib ada di tiap ruang.

Selaku kepala sekolah tentunya Maryati sngat optimis akan menang. 

"Sangat optimis akan menang dan harus menang juara 1 tingkat nasional" ujarnya optimis.


Sementara itu Dr.H.Akhmad Najib, SH.M.Hum selaku Asisten 1 Provinsi Sumsel yang hadir didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan mengatakan akan melihat bagaimana sekolah melakukan UKS. 

"Kita akan melihat bagaimana sekolah melakukan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), seperti hari ini di SMAN 6 yang terpilih di tingkat Provinsi dan akan masuk di tingkat Nasional, sekolah sehat yang meliputi kegiatan belajar mengajar, mampu melakukan perubahan perilaku anak didik, sarana dan pra sarana sekolah bagaimana barometer -barometer itu nanti di lihat oleh tim penilai juga" jelasnya.

"Diharapkan anak -anak tumbuh dalam pendidikan yang baik, terutama dari sektor kesehatan yang di mulai dari lingkungan rumah, start kamar tidur, wc sampai diruangan makan jadi anak -anak itu tumbuh sehat dan cerdas, harap Akhmad Nadjib.

Dr.Lisa Marniyati, M.KM kepala seksi kesehatan keluarga dan gizi masyarakat Sumatera Selatan ketika dihubungi melalui ponsel mengatakan kriteria penilaian meliputi best perfomance, best achievement, best attitude, Penilaian sendiri dilakukan oleh tim yang berjumlah 7 orang, yaitu mengenai trias UKS, yang meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.


"Saya berharap SMAN 6  dapat bersaing dengan SMA lainnya yang mengikuti penilaian tingkat nasional dan dapat menjadi juara," tuturnya.(yanti.m)
Diberdayakan oleh Blogger.