Pangdam XII/Tpr Bersama Plt. Kepala BKKBN Canangkan TMKK Provinsi Kalteng


Kotawaringin Barat, TABLOID NPP - Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab bersama Plt. Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Kalimantan Tengah, Satyawati Kusumadewi melaksanakan pencanangan TNI Manunggal KB-Kesehatan (TMKK) TA. 2019 wilayah Provinsi Kalteng di Lapangan Upacara SMPN 01 Pangkut, Kecamatan Arut Utara, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Dengan tema, Untuk Mencapai Cakupan Kesehatan Keluarga, Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan KB Kesehatan di Kalimantan Tengah.

Pencanangan TMKK Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019 dilakukan oleh Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab bersama Plt. Kepala BKKBN Prov. Kalteng, Satyawati Kusumadewi. Dalam kegiatan pencanangan TMMK tersebut Pangdam XII/Tpr serta Plt. Kepala BKKBN Prov. Kalteng juga meninjau pelaksanaan pelayananan KB Kesehatan.

Kegiatan TMMK ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara Panglima TNI dengan Kepala BKKBN Pusat, khususnya tentang pelibatan unsur TNI dalam kegiatan program KB di Indonesia yang dirasakan masih kurang optimal. Yang diharapkan melalui kerja sama tersebut dapat menyukseskan program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan masyarakat sehat.

Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan TMMK kerjasama antara TNI dengan BKKBN ini bertujuan untuk mengatur angka kelahiran di masyarakat.

"Kegiatan ini bukan untuk membatasi tapi adalah untuk mengatur kelahiran sehingga sumber daya manusia yang disiapkan kelahiranya ini nantinya benar-benar unggul untuk membangun Indonesia kedepan," tegasnya.

Sedangkan Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., saat memberikan keterangan kepada awak media menyampaikan, Kodam XII/Tpr bekerjasama dengan BKKBN Prov. Kalteng melaksanakan pencanangan Bakti KB TNI dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kondisi sumber daya manusia Indonesia yang pontensial untuk membangun bangsa Indonesia khususnya Provinsi Kalimantan Tengah. 

Kolonel Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., mengatakan dengan telah dicanangkannya TMMK ini nantinya seluruh Kodim jajaran Korem 102/Pjg di Kalteng akan melaksanakan kegiatan- kegiatan yang berhubungan dengan Program KB antara lain melaksanakan kegiatan komunikasi, informasi dan Edukasi KB pada masyarakat.

"Selain itu juga melaksanakan kegiatan dalam rangka untuk meningkatkan jumlah peserta baru yang menggunakan MKJP (Mode Kontrasepsi Jangka Panjang) yaitu MOP, IUD dan Implant serta melaksanakan kegiatan peningkatan keikutsertaan instansi kesehatan Militer dalam kegiatan KB-Kes," jelas Kapendam XII/Tpr.

Sedangkan Plt. Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, Satyawati Kusumadewi dalam acara pencanangan tersebut mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI atas dukungan dan kerjasamanya untuk mensukseskan program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Provinsi Kalimantan Tengah.

"TNI telah membantu BKKBN dengan melibatkan Babinsa sebagai penegak hubungan dan motivator di lapangan. Integrasi kegiatan yang sinergis dengan TNI diharapkan dapat memperluas kembali program KKBPK dilapangan," pungkasnya. (Yudha) 
Diberdayakan oleh Blogger.